Pola Aliran Sungai Pengertian dan Jenisnya


Contoh Pola Aliran Sungai Annular Pola Aliran Sungai Pola Lantai Vertikal

Ilustrasi pola aliran sungai. Foto: Freepik. Sungai adalah kumpulan air yang mengalir secara terus menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara), dari tempat tinggi ke tempat rendah, dan akan terus mengalirkan airnya sampai laut. Aliran sungai tidak selamanya lurus, biasanya ada juga aliran air yang berliku-liku.


Pola Aliran Sungai Dendritik Dan Radial Sentrifugal Ditunjukkan Gambar Aliran Dendritic

Pola Aliran Sungai Dendritik. Pola ini pada umumnya terdapat pada daerah dengan batuan sejenis dan penyebarannya luas. Misalnya suatu daerah ditutupi pada suatu bidang horizontal di daerah dataran rendah bagian timur Sumatera dan Kalimantan. Pola aliran dari suatu DAS dapat merupakan petunjuk awal tentang jenis dan struktur batuan yang ada.


Gambar Pola Aliran Sungai Trellis Dan Rectangular Pola Aliran Pola Lantai Vertikal

Pola Aliran Sungai - Sungai adalah jalur air yang alami dan merupakan tempat berkumpulnya air tawar yang bersumber secara alamiah dan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Kemudian, air sungai akan mengalir menuju lautan, danau, ataupun sungai yang memiliki ukuran lebih besar.


Pola Aliran Sungai Annular Adalah Sungai Citra Danau Jambi Batanghari Pola Lantai Vertikal

Pola aliran sungai deranged (rusak) Pola aliran sungai ini merupakan pola aliran di cekungan drainase di mana tidak ada pola yang koheren dengan sungai dan danau. Ini terjadi di daerah-daerah di mana ada banyak gangguan geologis. Contohnya adalah Perisai Kanada (The Canadian Shield) atau disebut Laurentian Plateau (Dataran Tinggi Laurensia)..


Pola Aliran Sungai

Pola aliran multibasal terbentuk pada daerah yang memiliki topografi berbentuk dataran tinggi atau pegunungan, dan litologi beragam, yaitu terdiri dari berbagai jenis batuan yang memiliki ketahanan erosi yang berbeda-beda. Pola aliran multibasal juga dipengaruhi oleh struktur geologi yang berupa lipatan, patahan, atau rekahan.


Pola Aliran Sungai Pengertian dan Jenisnya

Sungai merupakan aliran air besar yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sepanjang aliran sungai membentuk aliran-aliran tertentu yang menyesuaikan dengan alam. Macam-macam pola aliran sungai ini nantinya akan mengalir dan akhirnya bermuara ke laut. Berikut beberapa macam pola aliran tersebut: 1. Pola Paralel.


8 Jenis Pola Aliran Sungai Beserta Penjelasannya

Pola aliran sungai rectangular dapat ditemukan di Aceh, Lampung, Lembang, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara. Pola Deranged; Pola aliran sungai deranged merupakan pola aliran sungai yang bentuknya tidak teratur. Pola aliran sungai deranged biasa terdapat pada danau atau rawa-rawa. Pola aliran sungai deranged arusnya keluar masuk rawa-rawa atau danau.


Pola Aliran Sungai Annular Biasanya Terjadi Pada.... Dan Berbentuk Bentuk Sungai Pola Lantai

Pola aliran annular menunjukkan ciri aliran yang berpencar, tetapi sungai orde satu berpusat pada sungai orde dua yang melingkar. Pola aliran yang demikian menunjukkan daerah berbentuk kubah yang tererosi lanjut. 7. Aliran rectangular merupakan pola aliran dari pertemuan antara alirannya membentuk sudut siku-siku atau hampir siku-siku. Pola.


Gambar Pola Aliran Sungai denah

Jenis Pola Aliran Sungai. 1. Dendritik. Foto: dok. Kemdikbud. Pola aliran dendritik pada umumnya terdapat di daerah dengan batuan sejenis dan penyebarannya luas. Misalnya, suatu daerah yang ditutupi oleh endapan sedimen yang terletak pada suatu bidang horizontal di daerah dataran rendah atau pantai. Pada pola ini, aliran sungainya tidak teratur.


Gambar Pola Aliran Sungai Annular Sungai Aliran Radial Sentripetal Sentrifugal Pola Lantai

Pola aliran radial adalah pola sungai dengan aliran yang arahnya terdistribusi atau menyebar secara radial dari ketinggain tertentu menuju daerah bawah. Bentuknya menyerupai gunung berapi atau puncak intrusi magma. Pola sungai radial mengikuti kontur muka bumi yang cembung dan menjadi asal mula sungai konsekuen. Pola aliran sungai jenis radial.


Pola Aliran Sungai Pengertian dan Jenisnya

Pola aliran sungai Pinnate memiliki karakteristik berbentuk sudut lancip, hasil pertemuan dari anak sungai dengan induknya. Jenis Sungai Berdasarkan Arah Alirannya Aliran dari anak sungai dengan sungai utama tidak selalu sama. Berdasarkan arah alirannya, ada 5 jenis sungai, yakni sebagai berikut: 1. Sungai Konsekuen


Rektangular Gambar Pola Aliran Sungai Rectangular Pola Aliran Sungai Pola Lantai Vertikal

Pola aliran Kegiatan erosi dan tektonik yang menghasilkan bentuk - bentuk lembah sebagai tempat pengaliran air, selanjutnya akan membentuk pola - pola tertentu serta daerah rendah tempat air permukaan mengalir dan berkumpul disebut sebagai pola aliran. Pola aliran ini sangat berhubungan dengan jenis batuan (lithologi), struktur geologi kondisi.


Pola Aliran Sungai Pengertian dan Jenisnya

Pola aliran ini biasanya ditemukan pada kawasan pantai yang masih muda dengan lereng asli yang kemiringannya mengarah ke laut. Demikian adalah penjelasan secara singkat mengenai pola aliran sungai, semoga informasi di atas membuat kamu lebih paham akan materi ini. Daftar Pustaka.


Perhatikanlah gambar berikut ! Pola aliran s...

Ciri ciri pola rectangular adalah adanya pertemuan pola aliran yang hampir siku-siku. Biasanya berkembang di daerah retakan atau patahan. Baca juga: Pengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya - Materi Geografi Kelas 10.


Pola Aliran Sungai GEOGRAPIK

Jenis Pola Aliran Sungai. Sungai memiliki beragam pola aliran. Di bawah ini 11 pola aliran sungai beserta penjelasan lengkapnya: 1. Dendritik. Pola aliran sungai dendritik biasanya ditemukan di daerah yang didominasi oleh bebatuan atau endapan sedimen yang terletak pada suatu bidang horizontal di dataran rendah atau pantai.


โˆš 11 Macam Pola Aliran Sungai dan Gambarnya Ilmu Geografi

8 pola aliran sungai. 1. Pola aliran dendritik. Sungai yang umum dijumpai, daerah aliran sungainya luas, aliran sungai konsekuen, dan anak-anak sungainya mirip cabang atau akar pohon. Terbentuk pada daerah dengan kemiringan struktur batuan yang hampir horizontal dan memiliki tingkat resistensi batuan yang seragam. 2. Pola aliran trelis.